HuKrim

Apes, Seorang Kompolotan Curanmor Asal Kidang Diamankan Polisi, Satu Masih Buron

Palah (23), warga Dusun Semoyong, Desa Kidang, Kecamatan Pratim saat diamankan di Polsek Pujut bersama barang bukti sepeda motor curiannya dan sepeda motor yang dipakai beraksi, Sabtu (21/8).

LOMBOK TENGAH (NTB),Tatrapost.com—Berdasarkan Laporan polisi nomor: LP/ 23/VIII/2021/NTB/RES.LOTENG/SEK PUJUT, hari Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 sekitar jam 15.00 Wita telah datang korban pencurian ke Kantor Polsek Pujut melaporkan tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curanmor). Tempat Kejadian Perkaranya (TKP) di Pinggir jalan Dusun Dasan Tengak Ameng, Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah (Loteng).

Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho melalui Kapolsek Pujut, IPTU Lalu Abdurrahman menjelaskan, pada Sabtu tanggal 21 Agustus 2021 sekitar jam 13.30 Wita bertempat di pinggir jalan depan Warung Inaq Reka, di Dusun Dasan Tengak Ameng, Desa Bangket Parak telah terjadi pencurian sepeda motor. Korbannya atas nama Lebak (40), warga asal Desa Teruwai. Dimana, saat kejadian, korban memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan menghadap ke Utara.

“Di sepeda motor tersebut, ada juga uang tunai sisa pembayaran semen Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah). Korban menyimpannya di kantong depan sepeda motor tersebut,” tutur Kapolsek.

Adapun kronologis kejadian katanya, awalnya korban datang berbelanja di warung milik Inaq Reka. Pada saat korban sampai di warung korban, ia memarkir sepeda motornya di depan warung dalam keadaan tidak terkunci stangnya. Setelah itu, korban masuk ke warung untuk berbelanja. Selesai berbelanja, kemudian korban menitipkan barang belanjaannya di Inaq Reka untuk pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

“Pada saat korban keluar dari kamar mandi itu, korban kaget dan baru melihat salah satu pelaku membawa kabur sepeda motor miliknya,” tutur Kapolsek.

Melihat hal tersebut, korban kemudian bergegas keluar dari toko untuk mengejar pelaku. Pada saat korban akan mengejar pelaku, korban menemukan teman pelaku Palatehan Putra Wangsa (23) alias Palah, warga asal Dusun Semoyong, Desa Kidang, Kecamatan Praya Timur (Pratim) di jalan dalam kondisi motor yang dipakainya mati. Kemudian korban langsung mengambil kunci kontak sepeda motor yang dipakai oleh pelaku.

Saat itu, korban menanyakan kepada pelaku siapa yang membawa motornya. Tapi pelaku tidak mau mengaku sehingga datanglah massa. Untuk menghindari amukan massa, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pujut. Sesaat kemudian, beberapa anggota dari Polsek Pujut datang untuk mengamankan tersangka dan Barang bukti.

“Adapun Identitas dari sepeda motor tersebut adalah Sepeda Motor HONDA BEAT warna Hitam, Tahun 2019, No Pol DR 3219 UF, Nomor rangka MH1JFZ139KK528508, Nomor mesin JFZ1E-3528542. Dan atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp. 23.000.000,- (dua puluh tiga juta rupiah),” jelasnya.

Senada juga disampaikan Kanit Reskrim Polsek Pujut, AIPDA Pahrudin Ganda Putra, SH bahwa, aksi pencurian tersebut dilakukan oleh dua orang. Selain Palatehan alias Palah, ada juga satu orang rekannya sebagai terduga pelaku. Dimana, dalam pengakuan Palah, rekannya itu berinisial K, warga asal Dusun Sentalan, Desa Bilelando, Kecamatan Pratim.

Pelaku K diketahui sebagai eksekutor pencurian dari sepeda motor korban. Namun saat kejadian pencurian, kendaraan yang dibawa pelaku K ditinggalinya di pinggir jalan dekat saluran perbatasan Desa Marong dan Bangkat Parak baru kemudian ia kabur.

“Pelaku K masih kita buru. Pelaku Palah hari ini masih di Mapolsek Pujut dan Senin kita titip ke bagian Tahti Polres Lombok Tengah,” terang AIPDA Ganda.

Lebih jauh ia sampaikan, bahwa dari pengakuan Palah, diketahui jika sepeda motor yang dicuri itu dibawa ke wilayah Desa Bilelando. Sehingga tim dari Puma Polres Loteng bersama anggota Reskrim Polsek Pujut pun bergerak cepat menuju ke Desa Bilelando. Saat hendak ke sana, tim mendapatkan informasi jika ada penemuan sepeda motor di perbatasan antara Desa Bangkat Parak dengan Desa Marong.

“Setelah sepeda motor ditemukan, tim kami membawa sepeda motor tersebut ke Polsek Pujut untuk dilakukan pemerikasaan lebih lanjut,” pungkasnya. (TP-01).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *