Kesehatan

BPJS Kesehatan Cabang Selong Lakukan Kredensialing di RSI S Anggoro

Petugas Pengelolaan Faskes Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Selong saat melakukan kunjungan Kredentialing di RSI S Anggoro, Kamis (16/9).

SELONG (NTB),Tatrapost.com Dalam upaya menjaga mutu layanan kesehatan kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Selong melakukan kredensialing ke Fasilitas Kesehatan yang akan menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kredensialing adalah proses penilaian terhadap pemenuhan persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana yang telah ditentukan serta komitmen fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Petugas Pengelolaan Fasilitas Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Selong, I Made Adi Putra Asmara saat melakukan kunjungan Kredentialing ke salah satu rumah sakit yang akan menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan di Lotim pada Kamis (16/09) menjelaskan, bahwa ada beberapa tahapan yang harus di  penuhi oleh Fasilitas Kesehatan (Faskes) sebelum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Salah satunya ialah kredensialing.

“Tahapan kredensialing adalah dengan memastikan kondisi sebenarnya seluruh sarana prasarana di Faskes dengan self asesment yang telah diisi sebelumnya oleh Faskes yang mengajukan kerjasama. Dan memastikan komitmen pelayanan Faskes tersebut apabila nantinya bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” ujar Adi.

Lebih lanjut Adi menyampaikan, bahwa hari ini ia melakukan Kredensialing kepada RSI S Anggoro karena sebelumnya RSI S Anggoro telah mengajukan kerjasama kepada BPJS Kesehatan. Dimana, telah ditindaklanjuti dengan membuat analisa kebutuhan FKRTL.

“Sebelum dilakukan kredensialing harus dilakukan analisa kebutuhan FKRTL, apakah di lokasi tersebut masih dibutuhkan penambahan FKRTL atau tidak. Kemudian ditindaklanjuti dengan pengisian self asessment mengenai kondisi di tempatnya, dan kemudian BPJS Kesehatan melakukan kredensialing untuk memastikan kondisi sebenarnya,” jelas Adi.

Direktur RSI S Anggoro, dr. H. Basirun saat ditemui pada kegiatan Kredensialing menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan BPJS Kesehatan ke lokasinya.

“Terima kasih kepada tim BPJS Kesehatan Cabang Selong yang telah berkunjung kesini dan melakukan Kredensialing,” ujarnya.

dr. Basirun mengatakan, hasil dari Kredensialing tersebut nantinya akan menjadi evaluasi dan feedback bagi jajarannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

“Semoga kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan RSI S Anggoro dapat terjalin, agar kami dapat memberikan pelayanan terbaik untuk Peserta JKN-KIS,” ujar Basirun. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *