ITDC Bongkar Pasang Direksi, Taufan Rahmadi Pesan Begini

Pemerhati Pariwisata NTB, Taufan Rahmadi

MATARAM (NTB),Tatrapost.comMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir melakukan perombakan total pada tubuh PT. Tourism Development Corporation (ITDC). Dimana, empat jajaran direksi sebelumnya yang dipimpin Abdulbar M. Mansoer, saat ini diganti dengan wajah baru.

Keputusan tersebut ditetapkan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dan tertuang dalam SK Menteri BUMN, Eric Tohir tanggal 8 Agustus 2022 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-anggota PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC.

Dalam surat tersebut, Menteri Erick memberhentikan dengan hormat Abdulbar M. Mansoer sebagai Direktur Utama, Nugdha Achadie sebagai Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko, Taufik Hidayat sebagai Direktur Teknik dan SDM, serta Arie Prasetyo sebagai Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis.

Masih dalam surat yang sama, Menteri Erick telah mengangkat nama-nama berikut sebagai anggota Direksi ITDC yang baru. Diantaranya, Ari Respati sebagai Direktur Utama, Ahmad Fajar sebagai Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko,  Wenda Ramadya Nabiel sebagai Direktur SDM dan Legal Compliance, serta Troy Reza Warokka sebagai Direktur Operasi. Adapun pejabat Direktur Pengembangan Bisnis Ema Widiastuti, yang diangkat melalui SK-363/MBU/11/2020, tidak mengalami perubahan.

Atas langkah Menteri Erick merombak jajaran perusahaan plat merah tersebut, sejumlah kalangan berharap banyak kepada para direksi yang baru. Salah satunya dari kalangan pemerhati pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), Taufan Rahmadi.

Pria kelahiran Kota Mataram tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kebijakan Menteri BUMN Erick Thohir di dalam merombak jajaran Direksi ITDC. Karena baginya, adanya perombakan direksi ditubuh perusahaan itu, tujuannya untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

Untuk itu, ia berharap agar Dirut ITDC yang baru, Ari Respati dan jajarannya harus mampu menghadirkan ITDC secara inklusive dan memberikan banyak manfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di lingkar KEK Mandalika. 

“Dirut ITDC juga diharapkan segera menuntaskan persoalan-persoalan yang selama ini menjadi sumber polemik di masyarakat,” ujar Mas Taufan sapaan akrap pria berkaca mata ini.

Persoalan yang dimaksud Mas Taufan, seperti sengketa lahan, pemberdayaan masyarakat dan pemerataan kesempatan untuk bekerja bagi masyarakat lokal. Karena ia melihat, persoalan ini hingga kini masih jadi keluhan masyarakat lingkar KEK.

ITDC beserta anak perusahaan yang tergabung di dalamnya juga harus bisa memastikan penyelenggaraan World SuperBike (WSBK) 2022 dan MotoGP 2023 bisa lebih baik lagi dari tahun lalu.

“Kita menunggu terobosan-terobosan kebijakan ITDC di bawah kepemimpinan yang baru. Yang mana, tidak saja mampu memberikan keuntungan bagi negara tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” harap Anggota Tim 10 Destinasi Prioritas/PIC Mandalika 2016-2018 ini. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *