Kantor Desa Sudah Jadi, Masyarakat Harap Desa Persiapan Kidang Baru Segera Definitif

Pemdes Persiapan Kidang Baru, Pemdes Desa Induk, panitia pembangunan dan sejumlah toga, toma dan tokoh pemuda saat menggelar acara zikir dan doa bersama di kantor desanya, Selasa (26/7/2022) malam kemarin

LOMBOK TENGAH (NTB),Tatrapost.com14 Desa Persiapan yang dimekarkan akhir Oktober 2021 lalu, saat ini sedang berlomba-lomba menuntaskan pembangunan kantor desanya. Itu dilakukan sebagai tindaklanjut dari keseriusan mereka untuk secepatnya menjadi desa definitif. Namun dari 14 itu, baru satu desa persiapan yang progres pembangunannya cukup baik. Yakni Desa Persiapan Kidang Baru, Kecamatan Praya Timur (Pratim).

Setelah melalui proses, tahapan dan perjuangan yang panjang untuk mempersiapkan diri menjadi desa persiapan, kini pemekaran Desa Kidang ini akhirnya bisa memiliki kantor desa. Setelah melalui proses pembangunan sekitar 7 bulan lamanya.

Selasa (26/7/2022) malam kemarin, masyarakat setempat melakukan peresmian kantor desa yang dirangkaikan dengan zikir dan doa bersama. Acara tersebut dihadiri para pejabat desa induk dan desa persiapan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat serta Camat Pratim HL. Fathurrahman.

Kepala Desa Persiapan Kidang Baru, Rahmat dihadapan Camat Pratim menuturkan bagaimana antusias masyarakatnya ketika membangun kantor desa. Terlihat, sejak berstatus desa persiapan hingga dirinya ditunjuk sebagai pejabat sementara (Pjs), partisipasi masyarakat tidak pernah kendor. Walaupun beberapa waktu lalu masyarakat diterpa musibah gagal panen tembakau akibat hujan lebat menerjang desa dan sekitarnya. Atas kerjasama dan kekompakan itu, kini kantor desa bisa ditempati walau belum 100 persen jadi.

Ia pun berharap agar antusias dan kekompakan ini seterusnya terjalin hingga akhirnya menjadi desa definitif. Karena tanpa kekompakan, mustahil apa yang dinanti-nantikan bisa terealisasi.

Kini kata dia, masyarakat dan Pemdes persiapan juga sudah siap menjadi desa definitif walaupun beberapa syarat lain masih dalam proses dilengkapi dan segera tuntas. Untuk itu, besar harapan masyarakat agar progres ini bisa diteruskan oleh pihak kecamatan ke bupati agar bisa menjadi pertimbangan untuk diajukan menjadi desa definitif.

“Mohon dengan hormat pak camat untuk membimbing kami biar segera menjadi desa definitif. Jujur pak camat, sekarang kami sudah siap,” terangnya.

Sementara itu, Camat Pratim HL. Fathurrahman mengaku sangat mengapresiasi, kagum dan bangga atas capaian luar biasa dari masyarakat dan Pemdes Persiapan Kidang Baru ini. Dimana, telah menuntaskan pembangunan kantor desa sampai bisa ditempati seperti ini. Walaupun memang, progresnya baru 70 persen.

Tapi jika dibandingkan dengan 13 desa persiapan lainnya, Kidang Baru ini tercepat membangun kantor desanya. Karena untuk di Pratim, ada desa persiapan yang belum mulai membangun kantor desa sama sekali dikarenakan masih ada persoalan dengan masyarakat terkait dana pembangunan.

Sehingga ia sangat berharap agar desa persiapan yang lain bisa meniru semangat dan kekompakan masyarakat Kidang Baru. Jangan hanya larut dengan status desa persiapan tapi di satu sisi kantor desa saja belum jadi-jadi.

“Kami sungguh kagum dan bangga atas besarnya partisipasi,  semangat dan kekompakan masyarakat membangun kantor desa. Tidak ada artinya Pemdes baik induk maupun persiapan tanpa dukungan masyarakat. Itu yang beda dengan masyarakat Desa Persiapan Kidang Baru,” pujinya.

Ditambahkan, apa yang menjadi harapan masyarakat untuk segera definitif akan disampaikan ke bupati. Yang terpenting, untuk saat ini masyarakat dan Pemdes telah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi desa definitif. Semoga semangat gotong royong dan berkorban untuk desa ini terus tertanam dibenak masyarakat. Agar hajatan untuk mempermudah pelayanan yang selanjutnya berimplikasi pada kemajuan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, pemerataan pembangunan dan dampak positif lainnya bisa segera terwujud.

“Ini akan menjadi sejarah kelak dan akan dikenang oleh anak cucu kita. Terimakasih masyarakat Kidang Baru yang begitu antusias membangun,” pungkas Fathurrahman. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *