Lagi, Open Tembakau di Pratim Dilalap Si Jago Merah

Warga bersama aparat kepolisian dan tim dari pemadam kebakaran saat memadamkan api yang membakar sebuah opan di Desa Ganti, Ahad (15/8). 

LOMBOK TENGAH (NTB),Tatrapost.com Kebakaran open tembakau lagi-lagi terjadi di wilayah Kecamatan Praya Timur (Pratim). Kebakaran open kali ini dialami seorang warga Dusun Batu Rintang I, Desa Persiapan Jeropuri (Desa Ganti), Pratim, Lombok Tengah.

“Kebakaran terjadi pada hari Minggu tanggal 15 Agustus 2021 sekitar pukul 23.30 Wita milik salah seorang warga setempat atas nama Rendum alias Amaq Suryandi (50),” kata Kapolsek Pratim, IPTU Sayum, Minggu (15/8/2021).

Adapun kronologis kejadian, korban sedang berada di sekitar bangunan open tembakau untuk menunggu proses pengopenan. Beberapa saat kemudian korban mendengar suara teriakan beberapa warga sekitar yg melihat kepulan asap keluar dari dalam dan melihat api sudah mulai membakar tembakau milik korban.

“Selanjutnya korban dan masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian tersebut segera berusaha memadamkan api,” ungkapnya.

Pada saat yang bersamaan, Anggota SPKT III yg sedang melaksanakan patroli mendapatkan informasi dari masyarakat terkait kejadian tersebut selanjutnya langsung menuju TKP dan menghubungi pihak PMK Kabupaten Loteng.

“Sekitar pukul 00.25 wita 1 (Satu) unit mobil Pemadam Kebakaran BPBD Lombok Tengah tiba di TKP dan langsung melakukan pemadaman. Sekitar pukul 01.25 Wita api sudah dapat dipadamkan,” papar Sayum.

Adapun penyebab kebakaran  diperkirakan karena adanya daun tembakau yang jatuh ke tungku. Selanjutnya itu membuat api dengan cepat menyambar dan membakar tembakau yang dalam keadaan setengah kering.

“Isi dari open tembakau yang terbakar sebanyak 5 ton dan kegiatan pengopenan sudah berlangsung selama 3 hari,” sebutnya.

Akibat kejadian tersebut, korban ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp. 50.000.000.

“Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban luka-luka maupun korban jiwa,” pungkasnya. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *