Prestasi

Lombok Tengah Juara Umum STQ ke XXVI Tingkat Provinsi, Bupati Sambut Kepulangan para Kafilah

Bupati Loteng HL. Pathul Bahri bersama para pendamping Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah usai menyambut kepulangan para kafilah di Ruang Rapat Bupati Lantai 5, Kamis (30/3) pagi.

PRAYA,Tatrapost.com Kafilah asal Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) keluar sebagai kafilah terbaik pertama (juara umum) pada Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke-XXVI tingkat Provinsi NTB yang ditutup Rabu (7/4) malam di Ballroom Hotel Grand Legi. Dengan memperoleh predikat terbaik pertama dengan nilai 24 poin dan mampu menyaingi kafilah di 9 kabupaten kota lainnya di NTB, membuat kafilah Loteng berhak mewakili NTB pada STQ tingkat Nasional yang ke-XXVI di Provinsi Maluku Utara Oktober mendatang.

Dengan torehan prestasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Pemkab Loteng) sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para kafilah, pelatih dan pendamping yang ikut menyumbangkan ilmu, keterampilan dan bimbingannya selama ini untuk mengharumkan nama baik daerah.

“Terimakasih putra putri kami, para Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah yang telah mengharumkan nama Lombok Tengah dengan prestasi yang sangat luar biasa bagi saya,” ungkap Bupati Loteng, HL. Pathul Bahri saat menyambut kepulangan para kafilah di Ruang Rapat Bupati Lantai 5, Kamis (30/3) pagi.

Dikatakan Bupati, apresiasi setinggi-tingginya juga ia sampaikan kepada pelatih dan pendamping para Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah. Sebab, apa yang diraih ini tidak lepas dari perjuangan dan didikan mereka sehingga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Ia pun berjanji bakal memprioritaskan apa yang menjadi janji pemerintah kepada para Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah. Termasuk pelatih dan pendampingnya. Hanya saja, untuk sementara ia meminta agar bersabar dulu karena keuangan daerah mengalami refocusing. Bahkan untuk biaya mengikuti STQ Nasional belum disiapkan. Namun ia pastikan akan ada.

“Mohon bersabar dulu adik-adik Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah, prestasi ini sangat kami perhatikan dan pasti kami beri penghargaan setinggi-tingginya. Yang terpenting untuk sementara ini, apa yang diraih ini semoga bisa terus dipertahankan dan semoga menjadi juara di tingkat Nasional juga,” harap bupati yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Loteng ini.

Politisi Gerindra ini juga menambahkan, para Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah ini merupakan salah satu dari tiga orang-orang yang dimuliakan allah dan rosulnya seperti yang dituangkan dalam Al’quran. Yang mana, disana disebutkan ada tiga orang yang harus dimuliakan yakni orang tua, alim ulama dan para pecinta alquran atau para penghafal Al’quran.

“Atas dasar itu, kami di Pemkab akan memberikan apresiasi atas prestasi dan sumbangsihnya adik-adik para Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah di bidang agama ini,” tegas Pathul.

Sementara itu Ketua Harian LPTQ Loteng, TGH Sabarudin Abdurrahman mengatakan, bahwa dari 10 mata lomba yang dilombakan pada STQ 2021 di Mataram itu, pihaknya mengirim kafilah Loteng sejumlah 15 Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah. Ia juga berterimakasih atas kepedulian dan keikhlasan para pelatih dan pendamping selama ini. Semoga prestasi ini juga bisa diraih pada STQ Nasional di Maluku Utara yang mana nantinya itu akan digelar pada Oktober mendatang.

“Ini prestasi kita yang ketiga setelah ada namanya STQ. Dimana sebelumnya pada 2001 dan 2012  kita juga keluar sebagai juara umum,” tutur mantan Qori Internasional ini.

Adapun mata lomba yang dimenangkan oleh kafilah Loteng diantaranya, Juara I Cabang Hifzhil Qur’an golongan 20 Juz Putri, Juara I Cabang Hifzhil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah Putra, Juara III Cabang Tilawah Golongan Anak-anak Putra, Juara III Cabang Tilawah Golongan Anak-anak Putri dan Juara I Cabang Tafsir Al’quran Golongan Bahasa Arab Putri. Selain itu, Juara III Cabang Hifzhil Qur’an Golongan 5 Juz dan Tilawah Putri, Juara II Cabang Tafsir Al’qur’an Golongan Bahasa Arab Putra dan Juara II Cabang Hifzhil Qur’an Golongan 30 Juz Putri. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *