Meriahkan HUT RI ke-77, KTD Sukadana Pujut Gelar Lomba Lari Maraton

Para peserta Lari Maraton KTD Sukadana, Kecamatan Pujut, Loteng, saat pemanasan Minggu pagi (14/8/2022) kemarin.

LOMBOK TENGAH (NTB),Tatrapost.comKarang Taruna Desa (KTD) Sukadana, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah menggelar lomba Lari Maraton, Minggu pagi (14/8/2022) kemarin. Lomba lari yang baru digelar dua kali setelah dimulai 2021 tersebut, dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 dan berjalan sukses.

Adapun tujuan utamanya yakni untuk melahirkan pelari muda di Desa Sukadana. Dimana, harapan kedepannya juga akan mampu bertanding di tingkat Nasional bahkan Internasional yang tentunya bisa mengharumkan nama desa.

Seperti yang diutarakan, Ketua Panitia Lari Maraton KTD Sukadana Gusti Sempane Gare, bahwa event Lari Maraton tahun ini melebihi kuota peserta tahun lalu. Tercatat, jumlah peserta kali ini mencapai 600 peserta dari tingkat SD, SMP SMA dan umum. Adapun start-nya, masing-masing berdasarkan kategori tingkatan pendaftar dan dilepas secara bersamaan.

“Rute yang dilalui peserta adalah Jalan Bypass BIL-Mandalika atau lebih tepatnya depan monumen Bukit Menangis sampai Finish di Kantor Desa Sukadana yang terhitung jarak tempuhnya sepanjang 7 kilometer,” terangnya.

Dikatakan, antusias peserta umum sangat tinggi. Terdiri dari kalangan Ibu Rumah Tangga dan masyarakat Desa Sukadana secara umum. Para peserta mengaku senang walaupun tidak memenangkan lomba. Terlebih, momen tersebut digelar dalam rangka menyambut hari besar nasional, HUT RI Ke-77.

“Selain lomba ini bisa melahirkan bibit-bibit pelari unggul, momen lomba ini kami hajatan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan semua elemen masyarakat Desa Sukadana,” tambah tokoh pemuda yang juga Kabid Advokasi Bantuan Hukum Karang Taruna Kecamatan Pujut ini.

Ketua KTD Sukadana ini juga menyampaikan, bahwa lomba Lari Maraton ini bakal pihaknya gelar setiap tahun. Sebab, pihaknya sudah sepakat untuk memasukkan sebagai gelaran rangkaian peringatan HUT RI. Selain itu, ini akan menjadi program inti guna menciptakan bibit unggul atau pelari yang berkualitas, yang mampu bersaing hingga tingkat nasional.

“Lomba ini kami sudah sepakati sebagai agenda tahunan,” ujarnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Pujut, Try Wahyudi yang hadir pada lomba tersebut mengungkapkan, kegiatan lomba Maraton KTD Sukadana merupakan lomba yang luar biasa dan patut di acungi jempol. Karena selain sebagai ajang melahirkan bibit atlet Lari Maraton, secara tidak langsung juga sebagai upaya untuk membiasakan masyarakat untuk berolahraga. Yang mana, selama ini jarang menjadi rutinitas.

“Ini lomba yang menyehatkan jasmani, semoga masyarakat kita di Sukadana menjadi gemar berolahraga secara rutin,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris Desa Sukadana H Bagi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Lari Maraton yang diselenggarakan oleh pemuda yang tergabung dalam KTD Sukadana. Baginya, lomba seperti ini harus jadi agenda rutin KTD. Sehingga, kedepannya ia berharap agar pemuda melalui KTD  tetap bersinergi dengan pemerintah desa. Guna memperkuat dukungan Pemdes terhadap agenda-agenda pemuda seperti ini.

“Pada intinya, Pemdes akan selalu mendukung program-program yang dilaksanakan oleh KTD,” ujarnya (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *