Pemerintahan

Rampungkan Perekaman e-KTP, Disdukcapil Loteng Kerahkan Tim ke 12 Kecamatan. Berikut Jadwalnya

Kadis Dukcapil Loteng saat memantau proses perekaman E-KTP di salah satu kecamatan, belum lama ini. 

LOMBOK TENGAH,Tatrapost.com Sebagai terobosan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilukada 9 Desember mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Tengah (Loteng) terus turun dan bekerjasama dengan desa-desa dan kecamatan mengajak masyarakat melakukan perekaman. Sebab, saat ini masih sekitar 1.018 warga pemilih terutama pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sehingga kini yang belum ini ditargetkan rampung hingga akhir Desember mendatang.

“Saat ini, tahapannya telah masuk pada proses perekaman dan pencetakan e-KTP di masing-masing kecamatan,” tutur Kepala Disdukcapil Loteng,
Baiq Anita Nindiana di Praya, Selasa (1/12).

Baiq Anita menjelaskan, jadwal perekaman e-KTP di setiap kecamatan dibagi menjadi 3 tim. Masing-masing tim dibagi dan ditugaskan ke empat kecamatan dari 12 kecamatan yang ada. Tim pertama kata dia, terdiri dari Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara (BKU), Kopang dan Kecamatan Pringgarata. Selanjutnya tim kedua terdiri dari Kecamatan Janapria, Praya, Praya Tengah (Prateng) dan Kecamatan Jonggat. Sedangkan tim ketiga dibagi ke Kecamatan Praya Timur (Pratim), Pujut, Praya Barat (Prabar) dan Praya Barat Daya (Prabarda). Selain itu, dari masing-masing kecamatan difasilitasi empat alat perekaman dan satu alat cetaknya.

“Pada tanggal 27, 28 dan 29 November jadwal perekaman dilakukan di Kecamatan Batukliang, tanggal 30 sampai 2 Desember di BKU dan pada tanggal 3 hingga 5 Desember di Kecamatan Kopang,” terang Anita.

Mantan Sekdis Dukcapil ini juga menambahkan, bahwa untuk tanggal 6 sampai 8 Desember akan dilakukan di Kecamatan Pringgarata. Di empat kecamatan ini nantinya Kabid SIAK yang ditugaskan sebagai koordinator.

Demikian juga, untuk tim dua yang terdiri dari Kecamatan Janapria, Prateng, Praya dan Jonggat. Adapun penanggung jawabnya ialah Kabid Capil. Pada tanggal 27 sampai 29 November sebutnya, jadwal perekaman dilakukan di Kecamatan Janapria. Pada tanggal 30 sampai 2 Desember di Kecamatan Praya. Berikutnya pada 3 hingga 5 Desember di Kecamatan Prateng.

“Sedangkan pada 6 hingga 8 Desember dilakukan di Kecamatan Jonggat,” bebernya.

Sementara untuk tim tiga lanjut Anita, rincian waktu pelaksanaannya yakni pada tanggal 27, 28 dan 29 November jadwal perekamannya dilakukan di Pratim. Pada tanggal 30 sampai 2 Desember di Kecamatan Pujut. Berikutnya, pada tanggal 3 sampai 5 Desember di Prabar. Sedangkan pada tanggal 6,7 dan 8 Desember di Prabarda.

“Di tim tiga ini, Kabid Dafduk yang kita tugaskan sebagai koordinator,” paparnya.

Ditegaskan, layananan perekaman e-KTP di kantor camat ini tetap  menerapkan standar protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 demi menekan penyebaran virus menular ini yang mana sampai saat ini masih mewabah. Atas dasar tersebut pula dilakukan pembagian jadwal di 12 kecamatan dengan  tujuan untuk menghindari kerumunan warga.

“Intinya, target kita menyelsaikan perekaman dan pencetakan e-KTP ini bulan Desember. Kalau tidak bisa selsai pada tanggal 8 Desember mendatang maka kita akan lanjutkan sampai semua rampung,” tutupnya.

(tar/Tp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *