Terima 326 Mahasiswa Baru, Poltekpar Lombok Gelar PSDP

Mahasiswa baru Poltekpar Lombok saat mengikuti PSDP

LOMBOK TENGAH (NTB),Tatrapost.comPoltekpar Lombok menggelar kegiatan Pembinaan Sikap Dasar Profesi (PSDP) bagi mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023. Jumlahnya sebanyak 326 orang dari empat program studi yaitu, Pengaturan Perjalanan, Seni Kuliner, Tata Hidang dam Divisi Kamar.

“Pra PSDP kita laksanakan Hari Minggu (31/07/2022). Kemudian puncak PSDP kita laksanakan selama enam hari,” kata Direktur Poltekpar Lombok Herry Rachmat Widjaja, S.Sos., M.M.Par., CHE, Selasa (2/08/2022).

Dari Senin-Sabtu atau 1-6 Agustus mendatang. Diikuti 326 orang mahasiswa. Terdiri dari 322 orang mahasiswa baru dan 4 orang mahasiswa lama. Ke 4 orang mahasiswa lama yang ikut PSDP tersebut, karena tahun lalu dinyatakan tidak mengikuti, sehingga dinyatakan tidak lulus.

Kasubag Administrasi Akademika dan Kemahasiswaan Poltekpar Lombok, Muhammad Tangguh Sasmita mengatakan, PSDP menjadi kegiatan wajib yang harus diikuti setiap mahasiswa. Baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum mengikuti kegiatan serupa, guna mendapatkan orientasi lingkungan kampus.

“Mereka diberikan sertifikat. Sertifikat itu menjadi salah satu syarat mahasiswa di wisuda,” kata Tangguh.

Beberapa rangkaian kegiatan PSDP yaitu, kegiatan upacara bendara, kegiatan kelas dengan berbagai materi yang disiapkan, kerohanian, kegiatan pembinaan fisik dan mental. Adapun materi-materi yang dibawakan diantaranya yaitu, terkait dengan kelembagaan dan aturan akademik di Poltekpar Lombok. Kemudian penampilan dan etika, kewirausahaan, bekerja di dunia hospitality dan bahaya narkoba.

“Kegiatan PSDP Tahun 2022 ini mengambil tema Be Dicipline, Be Hospitable and Be Entreprenuer,” kata Tangguh.

Melibatkan berbagai pihak seperti, industri pariwisata untuk memberikan informasi bekerja di dunia pariwisata. Selanjutnya, TNI untuk melatih dan membentuk mental serta disiplin yang kuat dan tangguh para mahasiswa nantinya.

Ketua Panitia PSDP Poltekpar Lombok Tahun Akademik 2022/2023 Adhi Yulianto mengatakan, PSDP ada berbentuk teori dan praktek. Pelaksanaannya dimulai dari pukul 07.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita. Namun, sebelum pukul 07.00 Wita mahasiswa baru maupun mahasiswa lama sudah ada di Poltekpar Lombok.

“Setiap hari masing-masing memiliki kegiatan yang berbeda-beda,” kata Adhi.

Seperti di Hari Jumat, mahasiswa baru maupun mahasiswa lama akan mengikuti kegiatan pengenalan fisik Poltekpar Lombok. Para mahasiswa akan diajak keliling seluruh bangunan Poltekpar Lombok.

Termasuk, memperkenalkan diri masing-masing ke dosen dan pegawai Poltekpar Lombok. Tujuannya, agar ke depan tidak ada mahasiswa yang tidak mengenal dosen dan pegawai Poltekpar Lombok.

“Sabtu kita akan gelar inagurasi atau hiburan, sekaligus penutupan PSDP,” kata Adhi. (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *