Banjir di Poto Tano, Puluhan Rumah Terendam

Nampak puluhan rumah terendam banjir di Desa Poto Tano, KSB, Selasa (16/4/2024).

SUMBAWA BARAT (NTB),Tatrapost.comAkibat intensitas hujan yang sangat lebat di kawasan pemukiman warga di perumahan BTN Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengakibatkan terjadinya bencana banjir dengan ketinggian air sekitar 30 cm hingga 50 cm, Selasa (16/4/2024) kemarin.

Diketahui, wilayah tersebut merupakan wilayah yang kerap dilanda banjir setiap tahun ketika musim penghujan. Terutama ketika intensitas hujan cukup tinggi. Bahkan, bencana banjir tersebut tidak saja melanda Desa Poto Tano tapi juga kerap melanda sejumlah desa di kecamatan ini. Salah satunya juga yakni Desa Tambak Sari.

Kapolres KSB, AKBP Yasmara Harahap melalui Kasi Humas IPDA Eddy Soebandi mengatakan, dari upaya pemantauan anggota Bhabinkamtibmas Desa Poto Tano, diketahui jika banjir tersebut terjadi karena intensitas hujan pada Selasa kemarin cukup tinggi. Dan banjir ini terjadi di beberapa titik atau dusun.

Atas hal tersebut, pihaknya meminta agar anggota Bhabinkamtibmas desa setempat terus melakukan pemantauan aktivitas masyarakat.

“Berdasarkan keterangan dari warga setempat yang terdampak, penyebab terjadinya banjir akibat intensitas hujan yang cukup lebat dari siang hari pada saat hujan. Disatu sisi, air laut juga sedang pasang,” ujarnya.

“Lokasi rumah penduduk juga lebih rendah dari jalan raya mengakibatkan banyak rumah tergenang banjir,” sambung Eddy.

Eddy menjelaskan, adapun lokasi terjadinya banjir di Desa Poto Tano sebagi berikut:

1. RT 04 Dusun Tano A sebanyak 5 rumah yang terdampak dengan ketinggian air sekitar  30 Cm.
2. RT 07 Dusun Tano B sebanyak 20 rumah yang terdampak dengan ketinggian air sekitar 50 Cm
3. RT 08 Dusun Tano B sebanyak 11 rumah dengan ketinggian air sekitar 40 cm
4. RT 10 Dusun Tano B sebanyak 5 rumah yang terdampak dengan ketinggian air sekitar 40 cm
5. RT 11 Dusun Tano B sebanyak 9 rumah yang terdampak dengan ketinggian air 40 cm

“Akibat dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa dan kerugian material hingga sampai saat ini hujan di wilayah Kecamatan Poto Tano sudah reda,” ujar Eddy, Selasa (16/4/24). (TP-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *